banner main1

Pengantar 25-30 November 2013

Otonomi Perguruan Tinggi, UU Pendidikan Tinggi,
dan Proses Hukum di Mahkamah Konstitusi

Gedung Mahkamah KonstitusiDalam beberapa waktu ke depan, web ini akan membahas Otonomi Perguruan Tinggi, UU Pendidikan Tinggi, dan adanya proses hukum di Mahkamah Konstitusi.  Pembahasan ini  mencakup berbagai hal (silahkan klik), antara lain:

Silahkan klik, dan di setiap hari Senin diharapkan ada pembaharuan materi.

Pengelola web.


Website ini bertujuan sebagai forum pembahasan manajemen dan kebijakan pendidikan tinggi di Indonesia. Para pembaca dapat klik di Kotak kanan atas tentang Perkembangan proses hukum di Mahkamah Konstitusi yang membutuhkan banyak PP dan Peraturan Menteri Pendidikan. Disamping itu  ada rubrik Memahami Otonomi Perguruan Tinggi yang diisi oleh Prof. Satryo Sumantri Brodjonegoro, berbagai usulan kebijakan untuk pimpinan Dirjen Dikti, dan diskusi interaktif mengenai berbagai isu strategis. Disamping itu rubrik Opini dapat diklik untuk membaca berbagai pemikiran dari para ahli dan praktisi. Pekan ini artikel opini Gugatan atas Undang-undang Pendidikan Tinggi 2012 oleh Ade Armando, Dosen Komunikasi Universitas Indonesia menjadi pembuka minggu ini.
 

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun paper kebijakan strategis mengenai perguruan tinggi negeri. Paper kebijakan ini mencakup kebijakan di level makro dan di level universitas. Kebijakan di level makro mencakup berbagai kebijakan yang dapat diputuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat mendorong perbaikan sistem tata kelola dan manajemen universitas negeri.

Kebijakan di level universitas diharapkan dapat mendorong rektorat dan dekanat untuk memperbaiki tata kelola universitas dengan pendekatan transformasi[1]. Pendekatan transformasi organisasi merupakan pengembangan organisasi yang bertujuan melakukan perubahan besar di dalam struktur organisasi, proses, budaya, dan orientasi ke lingkungan.



[1] Definisi ini merupakan hal klasik yang dikemukakan oleh penulis seperti French, Bell, and Zascki dalam bukunya tentang Organization Development and Transformation. McGraw-Hill International Editions. Fifth Edition. 2000. Pemahaman transformasional ini terus berkembang ke berbagai lembaga termasuk pendidikan tinggi.



Daftar Isi || Pengantar || Tujuan || Metode

 

DISKUSI INTERAKTIF

001

GOVERNANCE UNIVERSITAS

002

KEPEMIMPINAN ILMU

003

KEPEMIMPINAN STRUKTURAL

LINK TERKAIT

dikti hpeq2 unesco2 mpkkkki2mmpt