banner main1

Bias Gender pada Rekrutmen Akademisi

http://ugm.ac.id/id/image/2515-kkn-ppm-ugm-mengasah-kepekaan-sosial-mahasiswa.jpg

Sudah menjadi rahasia publik bahwa perempuan kurang terwakilkan di lingkungan akademik di banyak negara. Diskriminasi gender adalah salah satu faktor yang berkontribusi dalam fenomena tersebut. Giovani et al melakukan studi terhadap rekrutmen akademik di negaranya, Italia. Hasil penelitian menunjukkan laki-laki lebih mudah masuk di lingkungan akademik daripada perempuan. Banyak faktor yang mempengaruhi. Selengkapnya


Keterlibatan Mahasiswa dalam Penelitian di Perguruan Tinggi

 

diskusi-pembukaan

PKMK FK UGM - Dalam rangka pengembangan peranan mahasiswa dalam penelitian, Fakultas Kedokteran UGM menyelenggarakan diskusi dengan menghadirkan pembicara Thomas F. Nelson Laird dari National Survey of Student Engagement (NSSE), Center for Postsecondary Research Indiana University, US. Diskusi tersebut telah dilaksanakan pada Jumat 8 Januari 2016 dengan topik Student Engagement in Research. Diskusi dilaksanakan di ruang Senat KPTU FK UGM pukul  9.00-11.00 Wib dan dihadiri oleh para dosen dan peneliti di FK UGM.

Selengkapnya

Course gratis dari MIT

http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/02335/mit_alamy_2335926b.jpg

Sebagai salah satu universitas terbaik dunia, Massachusetts Intitute of Technology (MIT) memberikan akses ke materi perkuliahannya  secara cuma-cuma ke masyarakat luas. Tujuan program ini adalah sederhana, yakni untuk meningkatkan pemerataan pendidikan di seluruh dunia. Terdapat berbagai macam topik yang disuguhkan, dari sains, bisnis, teknik, pendidikan, seni hingga kedokteran. Course terbagi menjadi dua tingkatan, yakni untuk tingkat undergraduate dan graduate. Ada sekitar 2260 course tersedia dan Anda dapat memilih course sesuai minat dan keahlian Anda. Tidak perlu melakukan registrasi/login untuk mengakses course. Untuk mengakses course tersebut, silahkan


++ Arsip Pengantar


 

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun paper kebijakan strategis mengenai perguruan tinggi negeri. Paper kebijakan ini mencakup kebijakan di level makro dan di level universitas. Kebijakan di level makro mencakup berbagai kebijakan yang dapat diputuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat mendorong perbaikan sistem tata kelola dan manajemen universitas negeri.

Kebijakan di level universitas diharapkan dapat mendorong rektorat dan dekanat untuk memperbaiki tata kelola universitas dengan pendekatan transformasi[1]. Pendekatan transformasi organisasi merupakan pengembangan organisasi yang bertujuan melakukan perubahan besar di dalam struktur organisasi, proses, budaya, dan orientasi ke lingkungan.



[1] Definisi ini merupakan hal klasik yang dikemukakan oleh penulis seperti French, Bell, and Zascki dalam bukunya tentang Organization Development and Transformation. McGraw-Hill International Editions. Fifth Edition. 2000. Pemahaman transformasional ini terus berkembang ke berbagai lembaga termasuk pendidikan tinggi.



Daftar Isi || Pengantar || Tujuan || Metode

 

DISKUSI INTERAKTIF

001

GOVERNANCE UNIVERSITAS

002

KEPEMIMPINAN ILMU

003

KEPEMIMPINAN STRUKTURAL

LINK TERKAIT

kemriting hpeq2 unesco2 pkkki2mmpt