banner main1

Kualitas Pendidikan Tinggi:

dari Pemantauan Ke Manajemen

pendidikanIlustrasi: www.news.okezone.com/

Konsep dari akuntabilitas manajemen di sektor publik memastikan bahwa isu-isu yang berkaitan dengan pengukuran kinerja menjadi perhatian pada institusi pendidikan tinggi. Beberapa inisiatif terkait dengan peningkatan kualitas seringkali pada saat yang sama dihadapkan dengan pengurangan dukungan dana dari sumber keuangan publik. Oleh karena itu, pendidikan tinggi perlu melihat model yang digunakan oleh swasta dalam rangka melakukan pengukuran kinerja dalam menghadapi beberapa isu terkait kualitas di pendidikan tinggi. Makalah ini kemudian mengusulkan penggunaan pendekatan balanced scorecard untuk memperkuat pentingnya mengelola bukan hanya pemantauan kinerja. 

Keterampilan Kerja dari Lulusan Pendidikan Tinggi

keterampilanIlustrasi: www.sekertarisku.com

Perluasan pendidikan tinggi menyebabkan peningkatan penelitian tentang keterampilan yang menunjang transisi dan menguntungkan karir lulusan. Bukti menunjukkan bahwa keterampilan benar-benar mendorong kerja. Penelitian ini melakukan kajian literatur untuk menginformasikan lembaga pendidikan tinggi dan pembuat kebijakan tentang keterampilan yang dibutuhkan lulusan dalam pasar kerja. 

Effect of the Learning Climate of Residency

Programs on Faculty‚Äôs Teaching Performance

as Evaluated by Residents

teaching2Ilustrasi: www.bobbyudoh.com

Untuk memahami kinerja mengajar dosen secara individu, mungkin penting untuk mempelajari juga mengenai iklim pembelajaran residen yang sedang berlangsung. Ada bukti yang muncul bahwa iklim pembelajaran tertentu dapat memprediksi hasil yang spesifik. Hingga saat ini, pengaruh iklim pembelajaran terhadap kinerja dosen secara individu yang melakukan pengajaran belum diketahui. Penelitian ini menguji hipotesis bahwa iklim pembelajaran yang positif dikaitkan dengan pengajaran yang lebih baik terhadap kinerja dosen secara individu yang dievaluasi oleh residen, dan mengeksplorasi dimensi iklim pembelajaran yang terkait dengan kinerja mengajar dosen. 

++ Arsip Pengantar


 

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun paper kebijakan strategis mengenai perguruan tinggi negeri. Paper kebijakan ini mencakup kebijakan di level makro dan di level universitas. Kebijakan di level makro mencakup berbagai kebijakan yang dapat diputuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat mendorong perbaikan sistem tata kelola dan manajemen universitas negeri.

Kebijakan di level universitas diharapkan dapat mendorong rektorat dan dekanat untuk memperbaiki tata kelola universitas dengan pendekatan transformasi[1]. Pendekatan transformasi organisasi merupakan pengembangan organisasi yang bertujuan melakukan perubahan besar di dalam struktur organisasi, proses, budaya, dan orientasi ke lingkungan.



[1] Definisi ini merupakan hal klasik yang dikemukakan oleh penulis seperti French, Bell, and Zascki dalam bukunya tentang Organization Development and Transformation. McGraw-Hill International Editions. Fifth Edition. 2000. Pemahaman transformasional ini terus berkembang ke berbagai lembaga termasuk pendidikan tinggi.



Daftar Isi || Pengantar || Tujuan || Metode

 

DISKUSI INTERAKTIF

001

GOVERNANCE UNIVERSITAS

002

KEPEMIMPINAN ILMU

003

KEPEMIMPINAN STRUKTURAL

LINK TERKAIT

kemriting hpeq2 unesco2 pkkki2mmpt