Manajemen Pendidikan Tinggi

Berita Nasional - Internasional

PKBM wujudkan impian anak putus sekolah studi ke perguruan tinggi

Sentani, Jubi – Keberadaan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKMB) sangat membantu masyarakat yang ingin belajar namun terkendala usia dan tidak bisa belajar di sekolah umum. Melalui PKBM, anak-anak yang sempat putus sekolah bisa melanjutkan pendidikan setara SD, SMP, dan SMA. Mewujudkan impian melanjutkan studi ke perguruan tinggi pun tidak mustahil.

Hal tersebut disampaikan Kepala distrik Sentani Timur kabupaten Jayapura, Steven Ohee, kepada Jubi, di kantor PKBM Dabohaley Nolokla Sentani, Sabtu (28/10/2017).

“PKBM ini sangat membantu. Tidak semua orang dapat bersekolah hingga selesai. Banyak yang terpaksa putus sekolah dengan masalah-masalah tertentu. PKBM ini hadir sebagai solusi,” katanya.

Steven Ohee mengatakan mereka yang putus sekolah karena masalah–masalah tertentu ini juga mempunyai hak untuk bersekolah dan bekerja seperti mereka yang bisa menyelesaikan pendidikan di sekolah umum.

Steven juga mengatakan pendidikan tidak mengenal usia. PKBM Dabohaley Nolokla mendorong para orang tua yang masih berniat untuk belajar untuk bergabung di PKMB tersebut.

“Kami juga ingin mengurangi angka buta aksara di kampung-kampung,” katanya.

Steven menegaskan tidak ada kata akhir untuk belajar. Dengan belajar kita akan bisa merubah sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang luar biasa.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan kabupaten Jayapura, Pogiyo Sudarso, mengatakan dengan adanya PKBM Dabohaley Nolokla, anak-anak di Sentani Timur yang sempat putus sekolah dan ingin melanjutkan belajar bisa terlayani karena tidak mungkin mereka bersekolah bersama-sama dengan anak-anak SD/SMP umum karena usia mereka yang sudah melebihi batas.


 Sumber: http://tabloidjubi.com/artikel-11006-pkbm-wujudkan-impian-anak-putus-sekolah-studi-ke-perguruan-tinggi.html






 

Copyright © 2020 Manajemen Pendidikan Tinggi