Manajemen Pendidikan Tinggi

Berita Nasional - Internasional

Kemristekdikti Dorong Peningkatan Mutu Riset Perguruan Tinggi

Jakarta - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menjalin kerja sama dengan Swedia untuk meningkatkan mutu riset, teknologi dan pendidikan tinggi di Indonesia.

Kerja sama ini ditandai penandatanganan memorandum of understanding (MoU). Penandatanganan MoU dilakukan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dengan Menteri Pendidikan dan Riset Kerajaan Swedia Helene Hellmark Knutsson di Jakarta, Rabu (4/10).

Mohamad Nasir mengatakan, kerja sama ini sangat baik untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi di Indonesia. Sebab, kata dia, perguruan tinggi di Swedia masuk peringkat 500 besar dunia.

"Indonesia bisa belajar mengembangkan pendidikan tinggi. Melalui kolaborasi ini penting bagi kita dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi," katanya.

Selain itu dari kerja sama ini, Nasir menyatakan, banyak manfaat yang bisa diambil Indonesia seperti adanya transfer teknologi dari Swedia yang sudah maju untuk bisa diadopsi oleh Indonesia. "Kalau kita riset dari awal akan ketinggalan. Maka ada yang bisa kita adopsi dari Swedia," ujarnya.

Menteri Pendidikan dan Riset Kerajaan Swedia, Helene Hellmark Knutsson, menyatakan, pihaknya berharap kerja sama ini berjalan dengan baik.

"Indonesia merupakan negara besar dan Swedia negara kecil, namun memiliki persamaan sebagai negara yang kompetitif. Hal ini mengacu pada ilmu pengetahuan, riset, teknologi dan inovasi," katanya.


Sumber: Suara Pembaruan

Copyright © 2018 Manajemen Pendidikan Tinggi