Manajemen Pendidikan Tinggi

Berita Nasional - Internasional

4 Cara Mudah Mengetahui Akreditasi Kampus atau Prodi Pilihan

Pertumbuhan Perguruan Tinggi di Indonesia sangat pesat. Ada banyak sekali Perguruan Tinggi yang dibuka setiap tahun.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyebutkan saat sekarang terdapat 4.713 perguruan tinggi yang terdistribusi dalam berbagai bentuk universitas, akademi dan politeknik dengan tidak kurang 28 ribu program studi.

Masalahnya, ada perguruan tinggi yang belum atau tidak terakreditasi oleh BAN-PT.

Akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Berdasarkan akun resmi Instagram Kemenristekdikti @ristekdikti berikut 4 langkah mudah mengetahui status akreditasi kampus dan juga program studi ( prodi):

1. Kunjungi laman resmi BAN-PT

Laman resmi BAN-PT

Laman resmi BAN-PT(DOK. BAN-PT)

Kunjungi laman resmi BAN-PT di: banpt.or.id

2. Cek akreditasi instutusi/prodi

Laman BAN-PT

Laman BAN-PT(DOK. BAN-PT)

Lalu scroll ke bawah dan pilih yang ingin kita cek, jika ingin melihat akreditasi universitas atau kampus pilih "institusi". Sebaliknya jika ingin melihat akreditasi prodi pilih "program studi" seperti tampak dalam gambar.

3. Pencarian insitusi/kampus

Laman resmi BAN-PT

Laman resmi BAN-PT(DOK. BAN-PT)

Kemudian ketik nama kampus yang ingin kita cek status akreditasinya. Nanti akan muncul: Status Akreditasi, Nomor SK, sampai Status Kadaluarsa seperti nampak dalam gambar.

4. Pencarian prodi

Laman BAN-PT

Laman BAN-PT(DOK. BAN-PT)

Jika ingin mengecek status akreditasi prodi maka akan muncul tampilan seperti gambar tersebut. Kita tinggal mengetik nama kampus dan nama prodi.






 

Copyright © 2019 Manajemen Pendidikan Tinggi