Manajemen Pendidikan Tinggi

Berita Nasional - Internasional

Lulusan Perguruan Tinggi Didorong Buka Lapangan Kerja

Surabaya - Pemerintah terus mendorong Lembaga Inkubator Bisnis Teknologi (LIBT) di Perguruan Tinggi untuk terus berinovasi. Lembaga Inkubator yang berkualitas akan menciptakan startup company(pengusaha baru)  di tanah air, sehingga lulusan PT tidak lagi hanya mencari pekerjaan, namun mampu memberi lapangan kerja bagi banyak orang.

"LIBT yang ada perlu diberi pembinaan, agar segera bisa menjadi inkubator yang  menghasilkan startup company," kata Dirjen Kelembagaan dan Dikti, Kemenristekdikti, Patdono Suwignjo, usai membuka LIBT 2018, di Hotel Novotel, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 23 Mei 2018.

Untuk mewujudkan hal tersebut, setidaknya ada dua Dirjen di bawah Kemenristekdikti yang bertanggungjawab. Yakni Dirjen kelembagaan Iptek dan Dikti untuk pengembangan insfratrukturnya dan organisasinya.  Kemudian juga Dirjen penguatan inovasi yang berperan untuk pembinaan dan menjalankan proses LIBT di Indonesia.

"Jadi ibarat Dirjen kelembagaan itu membangun fisiknya , Dirjen penguatan inovasi itu membangun rohnya. Itu setiap tahun dirjen kelembagaan maupun direktorat jenderal inovasi melakukan hal seperti ini," jelasnya.

Harapannya LIBT yang telah berdiri akan terus dibina. Sehingga, LIBT terus konsisten melahirkan startup company di Indonesia.  "Ada percepatan dari kemampuan untuk menghasilkan startup company," papar Patdono.

Sebelumnya, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan memperkuat keberadaan lembaga inkubator bisnis teknologi (LIBT) di sembilan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

Patdono mengatakan, ke-9 PTN BH tersebut di antaranya UI, IPB, ITB, UGM, ITS, Undip dan Unpad.  Sedangkan dua PTN BH lainnya, diarahkan untuk peningkatan kualitas kinerja inkubator.

"Penguatan ini diharapkan mampu menghasilkan perusahaan pemula berbasis teknologi  (PPBT) yang berkualitas dan berkelanjutan," kata Patdono.


-- https://www.medcom.id/ --

Copyright © 2018 Manajemen Pendidikan Tinggi